Sekolah Pasar Modal (SPM) season 2

20.11 Admin 0 Comments

STIE MANDALAJEMBER – 19 Oktober 2017 Kelompok Studi Pasar Modal (KSPM) STIE Mandala Jember kembali mengadakan Sekolah Pasar Modal (SPM). Kali ini, acara yang menjadi program kerja pengurus KSPM periode 2017-2018 ini diadakan pada malam hari. Berbeda dengan SPM perdana yang diadakan pada pagi hari.Acara yang berlangsung kurang lebih 3 jam ini dimulai dari pukul 19.00 WIB. Menjelang maghrib, parkiran kampus STIE Mandala Jember mulai dipenuhi kendaraan peserta SPM season 2. Para peserta terlihat berpakaian rapi bersepatu layaknya peserta seminar pada umumnya.

Di tembok kelas dekat parkiran tertempel banner besar bertuliskan “Sekolah Pasar Modal Season 2 dan Sosialisasi Yuk Nabung Saham”. Hal tersebut dilakukan panitia untuk menyambut para peserta SPM. Sekitar pukul 18.45 WIB, menjelang acara dimulai para peserta memadati Auditorium STIE Mandala Jember. Seperti halnya SPM season pertama, acara ini juga diadakan di auditorium tersebut. Suasanapun cukup ramai dengan perbincangan pribadi para peserta. Sebelum acara, para peserta terlihat sibuk dengan kegiatan individual masing-masing. Ada yang main hand phone, berbincang satu sama lain sampai dengan bergurau satu sama lain. Terlihat juga disana, panitia SPM memakai jas almamater warna kuning yang terlihat cukup sibuk mempersiapkan acara.

Tidak lama kemudian, tim trainer dari IDX dan Kresna Securities ditemani Pembantu Ketua I dan Pembina KSPM datang. Seketika itu semua pandangan peserta tertuju pada tim trainer dan perwakilan lembaga. Suara gaduh tak beraturan pun berhenti dan ruang auditorium menjadi senyap ketika pembawa acara mulai membacakan teks MC-nya. SPM season 2 ini bertujuan untuk memberi pemahaman pentingnya investasi untuk masa depan melalui instrumen pasar modal. Selain itu, dengan adanya SPM ini diharapkan agar bisa mengajak masyarakat, khususnya mahasiswa untuk ikut andil dalam kegiatan investasi.

“Sekolah Pasar Modal ini bertujuan meningkatkan jumlah investor domestik. Mengingat persentase jumlah investor asing lebih besar  daripada investor dari dalam negeri” ujar Rudi Suryo selaku Ketua Umum KSPM STIE Mandala Jember.

“Dalam acara SPM ini juga ada sosialisasi Yuk Nabung Saham. Isinya adalah pengenalan kepada masyarakat bahwa dengan uang Rp 100.000,- sudah bisa membuka rekening efek. Tujuan jangka panjangnya adalah menambah jumlah investor dari dalam negeri ” tambah Rudi.

Sebenarnya kegiatan SPM ini bentrok dengan pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) di STIE Mandala Jember. Tetapi karena dianggap penting, akhirnya bagian akdemik memutuskan untuk mengundur ujian demi terlaksananya acara ini. Hal ini pun diapresiasi oleh perwakilan IDX Surabaya, Bapak Asikin di sela-sela pemaparan materi Pasar Modal.

“Saya salut dengan STIE Mandala Jember karena ditengah-tengah kegiatan akademik se-kelas UTS masih sempat mengadakan kegiatan Sekolah Pasar Modal” puji Pak Asikin.

Acara ini selesai pada pukul 21.30 WIB setelah Bapak Henry Wijaya memaparkan trik memilih saham perusahaan yang baik untuk dijadikan sasaran investasi. Selain itu, broker Kresna Securities ini juga mengajarkan kepada peserta SPM kapan waktu yang tepat membeli saham dan menjualnya agar mendapat keuntungan dari investasi di pasar modal. (Abdul Ghafur_KSPM STIE Mandala Jember)

You Might Also Like

0 komentar: